Menyusun strategi berdasarkan 5 prinsip dasar menganalisa pergerakan harga ala Kang Gun

Untuk mempermudah saya dalam memahami apa yang terjadi pada harga saat ini berdasatkan 5 prinsip dasar menganalisa pergerakan harga ala Kang Gun, maka saya membuat beberapa pertanyaan untuk memudahkan pengamatan kita dan bagaimana menyusun strategi yang sesuai dengan apa yang terjadi pada harga saat ini...

Saat kondisi Ranging

1) Apa yang terjadi pada perjalanan harga sebelumnya dan kondisi apa yang terjadi pada harga saat ini, ranging atau trending?
2) Jika sebelumnya trending lalu saat ini flat, berarti sedang terjadi pelemahan terhadap dominasi pelaku pasar sebelumnya. Apa penyebab melemahnya dominasi pelaku pasar tersebut?

  • Apakah karena salah Satu Pelaku Pasar Tidak Dapat Menerima Harga Di Atas Harga Tertinggi atau Di Bawah Harga Terendah Yang Terjadi?
  1. Jika yang terjadi adalah “Salah satu pelaku pasar tidak dapat menerima harga di atas harga tertinggi yang terjadi” ini berarti sedang terjadi perlawanan yang dilakukan oleh sellers. Dan pada chart harga terlihat bergerak pada range tertentu di bawah nilai tukar (harga) tertinggi yang terbentuk saat buyers masih mendominasi secara penuh.
  2. Namun, jika yang terjadi adalah “Salah satu pelaku pasar tidak dapat menerima harga di bawah harga terendah yang terjadi” ini berarti sedang terjadi perlawanan yang dilakukan oleh buyers. Dan pada chart harga terlihat bergerak pada range tertentu di atas  nilai tukar (harga) terendah  yang terbentuk saat sellers masih mendominasi secara penuh. 
  • Atau karena Volume Transaksi Yang Dilakukan Pelaku Pasar Di Pasar Mata Uang Jumlahnya Sedikit Atau Kecil? jika iya, maka apa penyebabnya?
  1. Karena Pelaku Pasar Yang Aktif Di Pasar mata Uang Saat Itu Memang Sedikit sehingga dominasi salah satu pelaku pasar melemah. Untuk mengetahuinya perhatikan sesi market apa saja yang sedang aktif saat ini. Market apa yang akan close. Namun, jika ternyata ada beberapa market yang aktif, maka lanjut ke kemungkinan kedua.
  2. Pelaku Pasar Yang Aktif Saat Itu Banyak Tetapi Mereka Tidak Bertransaksi Karena Menunggu Saat Yang Tepat Untuk Bertransaksi Di Pasar Mata Uang. Kedua para pelaku pasar menurunkan aktifitas transaksinya karena ‘menunggu’ sesuatu yang secara fundamental berhubungan langsung dengan kecenderungan arah pergerakan nilai tukar mata uang. Ada tidaknya faktor fundamental yang sedang ditunggu ini bisa dilihat di kalender forex.
3) Setelah kita mengidentifikasikan bahwa saat ini sedang terjadi pola ranging dan penyebabnya, selanjutnya kita petakan area ranging atau area kesepakatan yang terjadi saat ini pada chart. Kita buat dua garis upper dan lower untuk memetakan area kesepakatan ini secara visual.
4) Kita tahu bahwa setelah kondisi ranging maka yang akan terjadi adalah kondisi trending, maka kita buat strategi jika harga bergerak mendekati garis upper dan lower tersebut.
  • Strategi pertama : Jika harga masih memantul diantara dua garis upper dan lower tersebut, maka kita bisa gunakan strategi buy di lower atau sell di upper. Dengan SL atau cutloss kita tempatkan/lakukan ketika harga keluar dari area kesepakatannya. Dan target kita letakkan di area upper atau lowernya tergantung posisi yang kita buka.
  • Stretegi kedua : Jika harga bergerak keluar area kesepakatannya, maka kita masuk mengikuti pelaku pasar yang mendominasi saat ini. Jika menembus upper, maka bisa kita asumsikan bahwa buyers yang mendominasi pasar, dan kita juga akan mengikuti dengan membuka posisi buy dengan konfirmasi pada indicator / trading system yang kita gunakan. SL atau cutloss kita tempatkan/ lakukan jika criteria buy tersebut berubah menjadi sell. Begitu juga sebaliknya. Dan target kita tentukan dengan memetakan area kesepakatan yang pernah terjadi sebelumnya dan kita jadikan target tujuan. Karena harga akan bergerak keluar dari area kesepakatannya sekarang menuju area kesepakatan yang pernah terjadi sebelumnya atau membentuk area kesepakatan yang baru.
Saat kondisi Trending

1) Apa yang terjadi pada perjalanan harga sebelumnya dan kondisi apa yang terjadi pada harga saat ini, ranging atau trending?
2) Jika sebelumnya ranging lalu saat ini trending, berarti sedang terjadi ketidak seimbangan pada “minat”  salah satu pelaku pasar. Lalu siapa yang mendominasi pasar saat ini?
  • Jika yang mendominasi saat ini adalah Buyers. Maka kita akan melihat bahwa harga bergerak naik karena akumulasi transaksi yang dilakukan buyers.
  • Jika yang mendominasi saat ini adalah Sellers. Maka kita akan melihat bahwa harga bergerak turun karena akumulasi transaksi yang dilakukan sellers.
3) Setelah mengetahui siapa yang mendominasi pasar saat ini, selanjutnya kita susun strategi apakah masih memungkinkan bagi kita untuk masuk dan mengikuti trend yang sedang terjadi? Untuk menyusun strategi tersebut, maka kita harus mengetahui sudah berada dimana harga saat ini dan kira-kira akan kemana?
  • Sudah berada dimana harga saat ini? Pertanyaan ini bisa kita jawab dengan melihat area kesepakatan yang terjadi sebelumnya.

    Apakah harga saat ini berada di area yang masih memungkinkan untuk melanjutkan trend? Jika iya, sampai dimana kira-kira harga akan terus melanjutkan trendnya? Masih adakah peluang bagi kita membuka posisi yang searah trend?

    Untuk mengetahui sampai dimana kira-kira harga terus melanjutkan trendnya, bisa kita lihat dengan memetakan area kesepakatan yang pernah terjadi sebelumnya dan kita jadikan target tujuan. Karena ingat, harga akan bergerak keluar dari area kesepakatannya sekarang menuju area kesepakatan yang pernah terjadi sebelumnya atau membentuk area kesepakatan yang baru.

    Apakah ada banyak pelaku pasar saat ini sehingga memungkinkan kita melakukan strategi yang sudah kita siapkan tersebut? Untuk menjawabnya, perhatikan market apa saja yang saat ini sedang buka.
    Setelah itu baru kita konfirmasi dengan indicator atau trading system yang kita gunakan untuk membuka posisi searah trend. Dengan SL atau cutloss jika harga berubah dari trending menjadi sideways.
  • Atau harga sudah berada di area kesepakatan yang disitu salah satu pelaku pasar lainnya melakukan perlawanan? Jika iya, maka kita harus lebih waspada jika akan membuka posisi mengikuti trend yang terjadi saat ini. Setelah kondisi trending, pasti akan terjadi ranging. Mungkin akan lebih baik kita pertimbankan untuk menunggu ketika harga kembali membentuk area kesepakatan yang baru. Dan kembali masuk dengan mengacu pada kondisi ranging yang telah dijelaskan sebelumnya di atas.
Semoga langkah-langkah yang saya susun di atas bisa memudahkan bagi teman-teman yang ingin lebih memahmi 5 prinsip dasar menganalisa chart ala Kang Gun...

Salam profit,

- FXri -
"Hanya mereka yang beristiqomah serta ikhlas dalam berusaha dan berdoa yang akan meraih kesuksesan dunia dan akhirat."