Mengenal Money Management Berdasarkan Average Profitability per Trade (APPT)


Sudah hal yang umum ketika kita membaca mengenai money management entah itu melalui buku atau situs pembelajaran forex trading maka kita diajarkan untuk selalu menjaga risk to reward ratio agar lebih besar reward daripada risknya. Apakah benar harus selalu demikian? bagaimana dengan para scalper atau trader yang hanya menetapkan TP kecil dan SL besar? ternyata mereka bisa rutin WD lho...nah, di artikel kali ini saya akan membahas sedikit mengenai money management dari sudut pandang yang agak berbeda dari pandangan umum, langsung aja yuk ;)



Menjaga reward ratio agar lebih besar dari risk tentu hal yang baik jika bisa dilaksanakan oleh para trader. Sayangnya, pada prakteknya tidak banyak yang mampu konsisten menjalankan hal itu atau justru terlalu kaku dalam mengaplikasikannya. Mengapa terlalu kaku? lalu apa itu APPT?

Contoh yang saya ambil dari salah satu forum yang juga disadur dari salah satu milis trader BEI di bawah ini bisa memberi gambaran mengenai apa itu APPT :

------------

APPT 

Rata-rata keuntungan tiap trading pada dasarnya mengarah pada jumlah rata-rata perkiraan win atau loss. Kebanyakan trader berfokus pada keseimbangan Risk Reward Ratio atau keakuratan trading. Namun demikian sekarang kita coba melihat performa trading berdasarkan APPT

Rumus Average Profitability Per Trade:

Average Profitability Per Trade = (Probability of Win x Average Win) - (Probability of Loss x Average Loss)



Penjelasan APPT mengikuti hipotesis scenario:

Skenario A

Dari 10 open posisi yang Anda lakukan, Anda mendapatkan profit 3 kali dan loss 7 kali. Profit percentage Anda berarti 30% atau 0.3, sedangkan Loss Percentage Anda adalah 70% atau 0.7. Rata-rata winning trade menghasilkan $600 dan rata-rata loss adalah $300.

Dalam skenario ini APPT adalah:

(0.3 x $600) – (0.7 x $300) = - $30

APPT nya adalah negatif, yang berarti bahwa untuk setiap open posisi Anda, Anda akan cenderung kehilangan $30. Itu adalah proposisi kekalahan!

Walaupun Risk to Reward Rationya 1:2 , Rata rata keuntungan tradingnya hanyalah 30% dan Rata rata nilai keuntungan per trading adalah -30$ yang berarti adalah negatif.


Skenario B

Sekarang mari kita lihat APPT dari trading dengan nilai Risk Reward Ratio 3:1, dengan Profit percentage sebesar 80% yang artinya dari 10 open posisi 8 profit dan 2 loss. dengan rata rata per trade menghasilkan $100 dan rata rata loss per trade sebesar $300.

Perhitungan APPT:

(0.8 x $100) – (0.2 x $300) = $20

Dalam hal ini, meskipun Rationya di bawah 1 tetapi perhitungan rata rata keuntungan yang dihasilkan per trade nya positif. Yang artinya dari waktu ke waktu nilai positif itu akan berakumulasi menjadi hasil yang positif juga.

------------


Gimana pendapat teman-teman setelah membaca tulisan di atas? ternyata memperkecil TP itu juga bagian dari upaya memperbesar reward bukan? karena ketika TP diperkecil maka kemungkinan TP kita tersentuh menjadi semakin besar. Apalagi jika kita telah memiliki strategi yang bisa mendapatkan minimal 100 pips setiap hari, maka TP 10-20 pips menjadi lebih besar peluangnya (rewardnya) untuk kita raih bukan? ini yang saya maksud dengan tidak kaku dalam menerapkan risk to reward ratio, hehe...

Tulisan singkat di atas hanya salah satu sudut pandang dari money management yang bisa diterapkan. Bagaimana pendapat teman-teman mengenai tulisan di atas? tulis di kolom komentar yuk ;)

Semoga bermanfaat...

Salam profit,

- FXri -