Indikator Apa Yang Paling Ampuh Untuk Pemula di Forex Trading?

Di sebuah forum, saya bertemu dengan pertanyaan yang menurut saya cukup aneh, karena aneh maka saya dokumentasikan saja di sini buat seru-seruan. Berikut ini pertanyaan sekaligus jawaban saya untuk pertanyaan aneh tersebut :

Indikator Apa Yang Paling Ampuh Untuk Pemula di Forex Trading?
Sebuah pertanyaan yang sangat ambigu, definisi ampuh yang dimaksud oleh Om TS itu sendiri juga tidak jelas, tapi karena tidak dihapus juga oleh admin berarti boleh dijawab.

Ampuh bisa diartikan sebagai hebat, keren, dll.Sebelum saya jawab pertanyaan di atas, coba Anda jawab dulu pertanyaan saya. Indikator paling sederhana yang sering digunakan trader forex adalah Moving Average (MA), indikator tersbut hanya menghitung rata-rata pergerakan dari periode tertentu berdasarkan parameter yang diinputkan seperti high, low, close, open.

Pertanyaannya, bisakah Anda menghitung nilai rata-rata dari periode 100 hari kebelakang pada TF D1 untuk nilai open-nya saja tanpa bantuan indikator MA? jawabannya pasti bisa, namun apakah Anda bisa melakukannya dengan cepat lalu menggambar garis pada monitor Anda sesuai hasil tersebut seperti yang MA lakukan? jawabannya saya yakin tidak bisa, karena dengan adanya indikator MA kita jadi dimudahkan tidak perlu mengngitung manual berapa rata-ratanya, dan tidak perlu ribet membuat garis manual berdasarkan rata-rata tersebut. Tinggal tarik indikatornya, set periode dan parameter perhitungannya, sudah jadi.

Pertanyaan berikutnya, ampuh mana Anda dibandingkan dengan indikator MA dalam hal kecepatan menghitung rata-rata bergerak? jawabannya pasti lebih ampuh indikator MA bukan? itu baru indikator yang sederhana, belum lagi yang lebih kompleks perhitungannya seperti Least Square Moving Average (LSMA), dll.

Secara umum Indikator itu sesuai namanya hanyalah alat untuk melihat indikasi / kecenderungan. Kecenderungan apa yang dilihat? kecenderungan arah dan batas. Indikator untuk melihat kecenderungan arah seperti MA, BB, Donchian Channel, dll. Sedangkan indikator untuk melihat kecenderungan batas seperti support resistance, daily average range, dll. Jadi tidak ada indikator yang lebih hebat / ampuh dibanding indikator lainnya.

Bertanya mana indikator yang paling ampuh sama saja dengan Anda bertanya lebih ampuh mana pisau dengan golok? jawbannya akan sangat tergantung, jika digunakan untuk memotong roti misalnya maka pisau khusus untuk roti akan lebih ampuh dibandingkan golok untuk memotong ranting pohon. Semoga paham dengan analoginya.

Benarkah Indikator yang paling ampuh itu adalah indikator yang kita kuasai dengan baik?

Bisa jadi benar, jika definisi ampuh itu adalah penguasaan kita terhadap indikator. Bayangkan kita bisa mejelaskan detail dari perhitungan sebuah indikator yang rumit kepada teman kita yang tidak tahu apa-apa tentang forex trading, matematik, dan statistik. Kita terlihat sangat ampuh bukan? hehehe... Tapiiiii jika maksud dari ampuh itu adalah bisa menghasilkan profit yang konsisten maka pernyataan di atas SALAH TOTAL. Banyak sekali member di forum ini yang begitu menguasai satu atau bahkan beberapa indikator sekaligus, mereka tahu betul perhitungan yang sangat rumit dibalik indikator tersebut, tahu betul kelemahan dan keunggulan dari masing-masing indikator, tapi belum juga bisa menghasilkan profit yang konsisten. Kenapa? karena menguasai indikator itu baru salah satu dari sekian banyak faktor yang harus dimiliki seorang trader agar bisa konsisten profit.

Bagaimana cara menghasilkan profit yang konsisten di forex market?

Ini pertanyaan yang jauh berbeda dari yang ditanyakan oleh Om TS dan akan sangat keluar dari topik jika dibahas secara lengkap di sini. Intinya, dibutuhkan faktor-faktor yang lengkap untuk bisa konsisten profit di forex market seperti disiplin diri yang tinggi, MM yang baik, modal yang cukup, pengendalian emosi yang stabil, penguasaan terhadap pola pergerakan harga, penguasaan terhadap trading system yang digunakan, dll, dst, dsb. Oleh karena itu di awal saya katakan bahwa pertanyaan dari Om TS ini sangat ambigu.

Saya bisa saja menjawab dengan copy pasti berdasarkan artikel pada website lain tentang cara memliih indikator terbaik bagi pemula, bla bla bla, tapi saya lebih memilih jawaban berdasarkan pengalaman saya pribadi, biar lebih mengena aja buat yang baca, hehehe

Link untuk postingan dari pertanyaan dan jawaban saya di atas bisa Anda lihat di sini jika belum dihapus. Ya, Havana itu adalah ID baru saya karena ID lama saya FXri bermasalah dalam mengaitkan akun trading baru, sehingga saya membuat ID baru tersebut khusus untuk mengikuti kontes diforum tersebut. Lumayan lah hasil kontes bisa buat beli cemilan nemenin trading, qqqq

"Baca : Rahasia Mengubah $100 Menjadi 4 Milyar Hanya 2 Tahun"

Semoga bermanfaat...Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di Blog FXri ini ya ;)

Salam profit,

- FXri -